"Semoga Bermanfaat"

Rabu, 07 Maret 2012

Membuat sendiri Cooler Laptop


Berawal dari keluh kesah adekku yang katanya laptopnya minta di install ulang karena udah lemooooot, dan mengeluh lagi kalo laptopnya panas kalo diajak buat nemenin begadang.  Sebagai kakak yang baik dan pengertian kepada adeknyaa ( he..he...) akhirnya aku berinisiatif tuk buatin cooler yang  lebih dingin dari cooler yang dia beli dari pameran komputer beberapa juta menit yang lalu.Sebenernya aku dah  beberapa kali buat cooler laptop, dan ni tuk yang ke tigakalinya. Aku lebih suka buat walau di itung-itung budgetnya lebih mahal, tapi aku puas dengan hasil karyaku sendiri walau  cuma cooler. Nah bagi temen2 dari pada beli cooeler laptop yang udah jadi yang banyak banget beredar dipasaran demangan dan pasar bringharjo...( itu mah kipas sate kali’’’...) he,,he.. ya   yang jelas di toko komputer pasti banyak, mulai dari yang  15ribuan ampe yang ratusan ribu..., tapi masih make laptop sebagai sumber kehidupan cooler tersebut, yang mengakibatkan batre laptop jadi boros...
disini cooler yang aku buat  sumbernya berasal dari trafo sendiri sehingga tidak nunut ma laptopnya.
pertama-tama siapin dulu bahan-bahannya dan alat yang perlu digunakan, yang ga perlu juga g pa2...

bahan :
  •   Papan sesuai ukuran laptop
  •   Kipas DC
  •   Trafo 350mA atau 500mA
  •   Dioda IN 4001/ 4002
  •   Saklar  AC
  •   Elco 2200µ
  •   LM 7812
  •   Kabel
  •   Lampu LED
  •  Resistor 2KΩ
  •   PCB
  •   Dll, tergantung selera dan rasa yang diinginkan
Alat :
  • Solder  + Tenol
  •  Gunting
  •   Lem Bakar
  •   Lem G
  •   Korek
  •  Obeng
  •   Dll.. ( alat seadanya)
Cara buatnya,   papan yang telah disiapkan di cat biar keliatan seninya, kalo aku pake papan bekas damparan kue ulang taun keponakan, kebetulan si Keyla Gembulwati dan si Kaffie El Utut ultah. Seekali menyelam dapet ikan, bisa minum aer, dan juga ketemu putri duyung...ha..ha... ga da hubungannya kale...
 aku dah dapet kuenya dapet juga damparnya yang aku buat cooler. (.....mental mahasiswa yang lagi boke...ga modal). Nah buat temen2 bisa manfaatin barang2 yang dah ga dipake misalnya triplek pintu kamar,  papan skateboard punya tetangga, pintu lemarinya simbah... * menurutku itu semua dipake semua,  terserah kamu aja mau pake apa yang penting bisa buat papan kaya gini.... cari di toko bangunan kan banyak..
jreng-jreng.....
ini hasilnya


lumayan jelek karena gue bukan tukang cat. * padune nek hasile elek.
Abis itu ukur posisi lubang laptop dan buatlah lubang pada papn dengan metode kira-kira....

Aku saranin kipas berada pada lubang RAM dan Hardisk karena komponen itulah yang biasanya panas disamping prosesor yang juga panas saat digunakan tapi biasanya untuk si prosesor udah ada cooler sendiri..
buat rangkaian untuk power supllynya seperti gambar dibawah ini..

untuk trafo yang CT pake rangkaian  gambar (a) dan untuk trafo yang ga pake CT gunakan rangkakain gambar b. Bagi yang belum dong silahkan tanya ke mbah google. He..he.////

Kalo aku pake rangkaian yang b ( bridge Rectifier) karena trafo yang udah kebeli adanya non CT, jadi butuh dioda IN 4002 4 buah,  dan buat rangkaiannya seperti gambar diatas. Output dari rangkaian tadi disambung ke kipas / cooler.

abis itu pasang kipas pada tempat  yang telah disediakan...dan teman-teman lain seperti saklar, trafo dan kaki2 buat penyangga papan yang ditempelin pake lem G dan lem bakar. mental mahasiswa selalu digunakan dalam proyek ini liat aja kaki2 pada papan nya yang digunakan tempat minyak rambut G*****Y  eitssss.....dilarang sebut merek, dan bekas wadah catride printer....
ha..ha... ora modal... kalo boleh aku saranin pake aja potongan kayu dengan  ukuran tinggi kira2 10cm.

 Nah sekarang disinilah kamu ditantang untuk gunain kreatifitas kamu secara peletakan trafo yang ideal dan kombinasi lampu led sebagai variasi dan indikator nyala cooler tersebut..
Nah ini dia penampakannya,,,
 


Selamat mencoba.....!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar