"Semoga Bermanfaat"

Rabu, 14 Maret 2012

Numpak sepur

Jum’at 9 maret 2012-03-12
Numpak Kereta api... Tuuut..dudud dundeng...
Kereta api merupakan salah salah satu alat transportasi  favorite bangsa Indonesia,karena lebih cepet, lebih aman and lebih murah..
mungkin ini bukan pengalaman pertamaku naik kereta api, tapi aku selalu seneng naik si ular besi ni...
nah... kemarin pas  mau pergi ke ibukota, aq  naik kereta api Senja utama Jogja yang trayeknya jogja-pasar senen... tapi aku turun di stasiun jatinegara. Aku naik dari stasiun kebumen, yah.. walau lumayan jauh dari rumah ketimbang stasiun karanganyar tapi emang di kebumenlah kereta itu berhenti kalo di karanganyar cuma numpang lewat aja....
waktu itu aku ga pegang tiket karena tiket keretanya kemarin beli di jogja dan nantinya mau di bawa pulang oeleh adequ trus dikasihkan ke aku. Tepat dipintu batas pengunjung aku bilang ke pak penjaga pintunya
aku              : maaf pak, saya mau naik senja utama tapi tiketnya masih di bawa adek saya di dalam kereta
pak penjaga : kereta senjanya masih lama mas
aku              : tapi saya mau solat dulu pak...
pak penjaga : oh...ya.. silahkan itu musholanya sebelah sana.
aku              : (dalam hati) alhamdulillah diijinin masuk, karena kalo ga punya tiket kan ga boleh masuk.
kira2 jam 8 malem dateng kereta api senja utama dari arah timur masuk ke satasiun kebumen, aku dah bersiap tuk naik, aku liat adekku turun dai kereta itu karena dia pulang dari jogja kali ini ikut kereta  itu. Aku barter  kunci motor ma stnk dan kartu parkir dengan selembar tiket kereta api ma adekq...
di depan pintu kereta ada seorang pegawai kereta api berseragam lengkap yang ngecek penumpang naik kereta,
aku naik kereta dan nyari tempat duduk yang ada di tiket...
ga lama aku dah nemuin karena sebenernya aku berangkat ke ibukota ga sendirian, tapi bareng ma bude and keponakan yang lebih duluan naik dari jogja. Selang beberapa menit  setelah  aku duduk, tiba2 ada petugas kereta yang  nanyain..
pak petugas       : yang dari kebumen....
aku                    : ngasih tiketnya
pak petugas       : yang baru naik dari kebumen aja.. ( petugasnya liat tiket dah ada lubannya)
aku                    : “terdiam dalamhati” (ya kan tiket ni dah di bolongin ma dia tadi pas perjalanan dari jogja kebumen, secara ni kan Cuma tuker penumpang aja aku ma adekku)...
aku hampir ketawa liat pak petugas di bantu satpam nyari mondar-mandir di gerbong sambil ucapin yel2nya...” yang dari kebumen.....78X)  sambil  pasang muka panik dan bingung nyari ko’ ga ketemu-temu...
berlalu dari masalah itu, datang lagi petugas KA yang nawarin makanan, ampe bosen dengernya, kalo lagi berhenti di stasiun banyak pedagang asonganan naik buat nawarin dagangannya, “ aqua, mijon,  pocari” yang laen “ kopi, popmie2” ,,,ahh... lagi enak2 tidur  malah pada brisik, terpaksa dech keluar dulu dari gerbong buat ngindarin para pedangan asongan dan sekedar nikmati udara malam..
Aku yang ga kuat du2k berlama-lama di kursi yang lumayan empuk, lebih sering pergi di pintu gerbong dan duduk berlasakan sandal  sambil menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.  Diperjalanan  beberapa kali kereta apai harus berhenti di stasiun untuk  simpangan, agar tidak terjadi tabrakan....
Setalah kurang lebih 8jam akhirnya nyampe juga di stasiun jatinegara tujuan saya.